-->
    |

Dinkes Sekadau Sosialisasikan Pencegahan Covid-19

Sosialisasi pencegahan covid 19 oleh Dinkes sekadau
SEKADAU (Suara Sekadau) - Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sekadau melakukan sosialisasi pencegahan Covid 19 atau virus corona di kantor PKK Kabupaten Sekadau di Jalan Mereka Timur Kamis, (12/3).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau Kristina Rupinus, Ketua GOW Kabupaten Sekadau Vixtima Heri Supriyanti, dan para anggota PKK Kabupaten Sekadau yang jumlahnya kurang lebih 50 orang.

Acara tersebut merupakan tindak lanjut dari merebaknya virus corona yang selama ini yang  mencemaskan keadaan masyarakat dalam hal masuknya virus tersebut.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes PP dan KB Kabupaten Sekadau Martinus Ridi megatakan bahwa dalam hal pencegahan virus tersebut harus didasari oleh hidup sehat dan makan  makanan yang bergizi.

"Sebenarnya kalau untuk mencegah virus tersebut cukup mudah. Hanya saja kita sebagai masyarakat terlalu panik dalam hal menanggapi virus tersebut. Cukup dengan pola hidup sehat, maka virus tersebut tidak akan masuk kedalam tubuh kita," kata Ridi.

Ia juga menjelaskan ada lima hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan pola hidup sehat dan penanganan pencegahan Covid 19 kedalam tubuh manusia.

Berikut diantaranya ;

1. Masyarakat untuk tidak panik karena, penyebaran virus bukan airborne tapi dorplet yang menempel seperti di meja, kursi, pegangan pintu dan lainnya.

2. Masyarakat memahami PHBS
Mencuci tangan dengan air mengalir selama 30 s/d 60 detik degan sabun dan air mengalir. Jika menggunakan antiseptik selama  20 detik. Sebelum dan sesudah aktifitas sesering mungkin cuci tangan.

3. Germas makan yg sehat banyak makan sayur, buah dan minum air putih.

4. Etika batuk menggunakan tissu dan dibuang ditempat sampah atau menggunakan lengan baju.

5. Masker digunakan pada pasien sakit. Dan menggunakan masker tdk lebih 2 s/d 4 jam dibuang. Sebelum memakai masker cuci tangan dan selama menggunakan masker jangan menyentuh masker.

Ridi menjelaskan, pemakaian masker yang benar adalah bagian untuk menempel debu bagian yang kasar  warna hijau, sedangkan bagian yg halus untuk menutupi hidung dan mulut serta kawat harus ditekan sesuai struktur hidung.

"Penggunaan masker tidak direkomendasi oleh WHO. Yang benar masker bedah," jelas Ridi.*

Sumber : tim liputan
Editor : suarasekadau

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini