-->
    |

PDAM Diminta Ringankan Tarif Air Selama Pandemi Covid-19

Yodi Setiawan
SEKADAU (Suara Sekadau) - Legislator Gerindra DPRD Sekadau, Yodi Setiawan meminta PDAM Sirin Meragun menggratiskan tarif air bagi pelanggan.

Permintaan tersebut menyusul pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia dan berimplikasi pada perekonomian masyarakat.

"Kita ingin tarif air digratiskan untuk sementara waktu. Misalnya selama beberapa bulan. Kita contoh di Pontianak saja sudah digratiskan selama 3 bulan," ujar Yodi (5/5).

Pembebasan tagihan air ledeng, kata Yodi, akan sangat membantu meringankan beban masyarakat. Apalagi, PDAM merupakan perusahaan milik daerah yang modal awalnya juga dari APBD.

"Sejauh ini masyarakat sudah dibantu dengan sembako. Kalau mau bantu masyarakat, mesti dibantu semua aspek jangan tanggung-tanggung," saran Yodi.

Hal sama diungkapkan ketua fraksi Nasdem DPRD Sekadau, Teguh Arif Hardianto.

Teguh menuturkan, pemerintah daerah sebagai pemilik BUMD dapat mengambil kebijakan untuk meringankan biaya hidup masyarakat khususnya tarif air bersih.

"Meminta PDAM Sirin Meragun melalui pemerintah daerah sebagai pemilik BUMD memperhatikan kewajiban bayar bagi pelanggan PDAM untuk bisa menggratiskan pembayaran iuran air minum dalam situasi covid-19," ujar Teguh.

Karena, kata dia, yang terdampak covid-19 hampir semua elemen masyarakat khususnya di Kabupaten Sekadau.

"Jika pemda merasa berat untuk menggratiskan, bisa juga dengan solusi diskon pembayaran iuran minimal 50 persen," usul Teguh.

Dikonfirmasi terpisah, direktur utama PDAM Sirin Meragun, Yok Kelak mengatakan pihaknya sedang dalam proses pembahasan usulan tersebut.

"Masih dalam pembahasan dengan Pemda bagaimana skenarionya," terang Yok melalui pesan singkat (5/5).*

Penulis : Benidiktus G Putra







Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini