-->
    |

Simpang Siur Data Bantuan Covid-19, Dinsos Sebut Sedang Proses Verifikasi

Afronius (kiri) saat bersama Kapusdatin Kemensos RI
SEKADAU (Suara Sekadau) - Kepala Desa Sebetung, Kecamatan Belitang Hulu, Ahmad Eka Setiawan mengaku tidak mengetahui asal muasal data penerima bantuan covid-19 yang diterbitkan oleh Pemkab Sekadau melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak.

Saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Sabtu (9/5), Ahmad Eka mengatakan baru mengetahui data tersebut setelah mengikuti rapat di kecamatan.

"Menindaklanjuti rapat di kecamatan, kita sisir data itu. Karena memang data itu invalid. Kami dari desa tidak ada mengusulkan data itu," ujar Eka.

Pihaknya, kata Eka, bersama BPD, RT, RW dan tiga pilar desa kemudian melakukan dapat di tingkat desa untuk mencari siapa-siapa saja warga yang sangat layak untuk menerima bantuan tersebut.

"Kita mencoba untuk menyisir agar bantuan ini sampai kepada mereka yang benar-benar membutuhkan," ucap Eka.

Eka mengakui daftar penerima bantuan sebagaimana tertera dalam data Dinas Sosial kurang tepat sasaran.

"Betul. Ada sebagian besar yang tidak layak. Makanya kita berupaya, saya perintahkan tim supaya mengecek kembali siapa-siapa yang layak. Karena ini kan persoalannya bukan untuk mereka yang mampu," pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sekadau, Afronius Akim Sehan menyatakan bansos dari gugus tugas Covid-19 Kabupaten Sekadau yang diserahkan melalui Camat untuk calon penerima bantuan diserahkan kepada desa masing-masing. Bantuan tersebut, kata Afron, jangan sampai tumpang tindih dengan bansos lain.

"Data yang dari dinas sosial itu sebagai pembanding saja. DTKS SIKS-NG kita memang dalam proses verifikasi dan validasi," terang Afron.*

Penulis : Benidiktus G Putra



Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini