-->
    |

Terbaru, Tiga Warga Sekadau Negatif Covid-19 Termasuk Almarhum PDP Asal Belitang Hilir

Jubir gugus tugas covid-19 Henry Alpius (kanan) dan direktur RSUD Sekadau dr. Ketut Widiartha (kiri)
SEKADAU (Suara Sekadau) - Gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Sekadau kembali menerima hasil polymerase chain reaction (PCR) metode real time terhadap tiga orang warga Kabupaten Sekadau.

Juru bicara gugus tugas, Henry Alpius mengungkapkan, hasil uji laboratorium terhadap sampel swab ketiga orang tersebut semuanya dinyatakan negatif covid-19.

"Kita baru menerima laporan dari laboratorium RS Untan dan pusat tadi pagi pukul 08.00 WIB. Kita bersyukur hasilnya tiga orang ini semua negatif," ujar Henry, Selasa (14/7).

Mereka yang dinyatakan negatif masing-masing laki-laki 37 tahun asal Desa Nanga Mongko Kecamatan Nanga Taman, laki-laki 28 tahun asal Nanga Mentukak Kecamatan Nanga Taman.

Satu orang lainnya, laki-laki asal Tapang Pulau Kecamatan Belitang Hilir yang sebelumnya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) sudah meninggal dunia. Namun, hasil laboratorium uji swab nya baru keluar dan dinyatakan negatif covid-19.

"Khusus untuk PDP ini sudah meninggal. Almarhum dirujuk dari RSUD Sekadau ke RSUD Sintang pada tanggal 7 Juli 2020 dan meninggal di hari yang sama. Almarhum ditetapkan sebagai PDP karena memiliki gejala klinis mirip covid-19. Namun karena saat almarhum meninggal hasil uji swab belum keluar, maka pemakaman menggunakan protokol kesehatan," terang Henry.

Plt. Direktur RSUD Sekadau, dr. Ketut Widiartha menambahkan almarhum PDP tersebut mengalami sesak dua hari setelah menjalani operasi di RSUD Sekadau.

"Kemudian almarhum dilakukan rapid test ternyata hasilnya reaktif. Ditunjang uji toraks didapatkan gambaran pneumonia serta ada gejala klinis seperti sesak nafas. Atas persetujuan keluarga, almarhum dirujuk ke RSUD Sintang dan disana dilakukan isolasi serta pengambilan sampel swab. Almarhum meninggal di RSUD Sintang pada tanggal 7 Juli malam," jelas Ketut.

Hingga saat ini, masih ada dua kasus yang sedang menunggu hasil uji laboratorium.*

Penulis : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini