-->
    |

Penilaian Kontribusi Kabupaten Sekadau Bidang Pekerjaan Umum Dibawah Lima Persen

DINAS PUPR Kabupaten Sekadau silaturahmi dengan wartawan
SEKADAU (Suara Sekadau) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sekadau menggelar silaturahmi dengan wartawan yang betugas di Kabupaten Sekadau, Kamis (6/8).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kadis PUPR Kabupaten Sekadau, Akhmad Suryadi serta Kabid Bina Marga Ponsianus Kamestu, Kabid Cipta Karya Oktavianus Tommy, Kabid Sumberdaya Air Ilham serta Kasi Jasa Konstruksi Fransisco Wardianus.

Hadir pula puluhan wartawan yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ikatan Wartawan Online (IWO) dan Ikatan Wartawan Kabupaten Sekadau (IWAS).

Kadis PUPR, Akhmad Suryadi mengatakan pertemuan tersebut merupakan ajang mempererat silaturahmi sekaligus menjaring saran dan masukan dari pekerja pers seputar kinerja Dinas PUPR.

"Kami selalu berupaya sebaik mungkin dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur. Namun kami menyadari masih banyak kekurangan. Karena itu, saran dan masukan sangat kami butuhkan," ujar Akhmad dalam sambutannya.

Apalagi tahun ini akibat pandemi covid-19, sebagian besar program dinas PUPR direalokasikan dengan jumlah mencapai 70 persen.

"Keterlambatan fisik yang terjadi karena proses evaluasi DPA membutuhkan waktu. Jadi setelah kami terima DPA, kami evaluasi lagi. Yang tidak sesuai tupoksi bidang kita alihkan ke bidang yang tepat," tutur Akhmad.

Sebenarnya, lanjut Akhmad, di tahun 2020 ini program yang akan dioptimalkan adalah program prioritas.

Namun karena terkendala pandemi, pihaknya tidak bisa berbuat banyak. Namun demikian, ia berharap program yang tertunda dapat dialokasikan kembali dalam APBD Perubahan tahun 2020.

"Untuk saat ini kita melakukan pemetaan kerusakan jalan beserta statusnya, apakah jalan kabupaten, jalan desa atau jalan lingkungan. Atau ada yang masuk wilayah perusahaan perkebunan. Kita juga berterimakasih kepada perusahaan-perusahaan yang sudah aktif membantu merawat jalan seperti PT Parna Agro Mas yang merawat ruas jalan Merbang-Tapang Pulau dan PT GUM yang juga melakukan perbaikan beberapa ruas jalan di Kecamatan Belitang Hulu," ucap Akhmad.

Akhmad juga memaparkan, hasil penilaian pemerintah pusat terhadap kontribusi Kabupaten Sekadau di bidang pekerjaan umum relatif masih rendah.

Hal ini berdampak cukup besar dengan berkurangnya kucuran dana lokasi khusus (DAK) bidang pekerjaan umum.

"Kontribusi Kabupaten Sekadau sebesar 4,42 persen atau sekitar 12 miliar rupiah. Ini berdampak DAK kita setiap tahun berkurang," papar Akhmad.

Untuk status jalan berdasarkan SK Bupati Sekadau, jalan kabupaten memiliki panjang 584,5 kilometer dengan rincian hingga bulan Juli 2020 173 kilometer aspal, 13 kilometer beton, 173,5 kilometer kerikil dan sisanya 225 kilometer tanah. Jika dikalkulasi, kondisi jalan berstatus mantap lebih kurang 51,78 persen.

"Kondisi baik 136 kilometer, sedang 165 kilometer, rusak ringan dan berat 270 kilometer," terang Akhmad.*

Penulis : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini