-->
    |

Warga Dua Desa Gotong Royong Perbaiki Jembatan di Belitang

Warga desa Belitang Satu dan Belitang Dua gotong royong memperbaiki jembatan rusak
Belitang (Suara Sekadau) - Warga Desa Belitang Satu dan Belitang Dua kembali melakukan gotong-royong memperbaiki lantai jembatan gantung Sungai Belitang dan Sungai Lobak, Kecamatan Belitang , Sabtu (15/8).

Kepala Desa Belitang Satu, Basri mengatakan hal ini dilakukan mengingat kondisi lantai jembatan banyak yang patah dan pecah sehingga rawan bagi pelintas bila melewati jembatan tersebut.

"Kemarin kita bersama dengan warga desa dan juga pihak pemdes Belitang Dua memperbaiki lantai jembatan supaya aman dan nyaman bila dilewati," ujar Basri, Minggu (16/8).

Pengerjaan jembatan itu dilakukan secara swadaya dengan sumbangan bahan material dari warga setempat

"Selain sumbangan dari warga, pihak perusahaan sawit yaitu PT. KSP Agro juga turut berpartisipasi menyumbang papan lantai," ungkapnya.

Ia juga berterima kasih kepada warga yang membantu memperbaiki lantai jembatan dengan sukarela tanpa upah.

"Kepada warga dua desa yaitu warga Desa Belitang Satu dan warga Desa Belitang Dua, saya sangat berterima kasih karena tanpa diupah rela membantu memperbaiki lantai jembatan," ucap Basri.

Jembatan gantung sungai Belitang dan jembatan sungai Lobak adalah dua jembatan yang saling terhubung tanpa jarak. Dua jembatan merupakan sarana infrastruktur utama penunjang transportasi darat bagi warga Desa Belitang Satu.

Tidak hanya warga Desa Belitang Satu, warga dari Kabupaten Sintang pun sangat terbantu dengan adanya jembatan tersebut.

Aji Anuar, Kepala Dusun Tanah Kaya Desa Sungai Jaung Kecamatan Sepauk mengatakan bahwa mereka merasa terbantu dengan adanya jembatan itu.

"Kami kalau mau ke Sepauk pakai sepeda motor, selalu melewati jembatan gantung sungai Belitang dan jembatan sungai Lobak di Belitang. Itu satu-satunya akses kami yang mudah dilewati bila kami hendak ke ibukota Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang, " tutur Aji sesaat setelah melintasi jembatan, Minggu.

"Kemarin hari senin saya lewat kondisi lantai sangat parah, kini setelah di perbaiki, tidak ada rasa was-was lagi," tambah dia.

Oleh karena itu ia bersyukur lantai jembatan yang rusak sudah diperbaiki secara gotong royong oleh warga Desa Belitang Satu dan Belitang Dua.

"Secara ekonomi, jembatan itu sangat dibutuhkan oleh warga Desa Belitang Satu dan Belitang Dua dari Kecamatan Belitang. Bagi warga Desa Ensabang, Sungai Jaung dan Sukau Bersatu Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang juga sering melewati jembatan ini baik bila hendak ke Sepauk maupun untuk belanja ke pasar Belitang yang menjual kebutuhan pokok warga.
Kami kalau belanja selalu ke pasar Belitang karena dekat. Bahkan kadang sering saya melihat warga dari Ketungau Hilir juga belanja ke pasar Belitang," pungkas Aji Anuar. *

Penulis : M. Sandi
Editor : Benidiktus G Putra
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini