-->
    |

Dinkes Sekadau Tingkatkan Kapasitas Pelaksana Program Tuberkulosis

Sosialisasi SITB oleh Dinkes Sekadau

SEKADAU (Suara Sekadau) - Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sekadau meningkatkan sumberdaya manusia pelaksana program tuberkulosis (TBC).

Peningkatan SDM salah satunya melalui sosialisasi sistem informasi tuberkulosis (SITB) yang dilaksanakan di aula salah satu hotel di Sekadau, Selasa (22/9).

Kepala Dinas Kesehatan, PP dan KB melalui Kabid P2P, Martinus Ridi mengatakan sosialisasi tersebut melibatkan para kepala Puskesmas dan pengelola program TBC se-Kabupaten Sekadau.

"Narasumber dari Dinkes Provinsi, bapak Herliantoro, SKM,M.Kes. Beliau memberikan materi tentang tata laksana penanggulangan TB dan SITB," ujar Martinus Ridi ditemui usai kegiatan.

Melalui pelatihan tersebut, ia berharap pengelola program TB mampu memahami permasalahan serta kendala yang dihadapi di lapangan.

"Sosialisasi ini untuk peningkatan kapasitas kawan-kawan melalui sistem informasi TB," tutur Ridi.

Tuberkulosis sendiri, tambah dia, merupakan satu penyakit menular yang paling mendapat perhatian dunia selain HIV, DBD, dan pandemi virus Corona.

"Sekarang ada lagi TB yang resisten (kebal) terhadap obat, dan di Sekadau sudah ada. Untuk itu perlu monitoring dan evaluasi serta peningkatan kapasitas petugas TB untuk menunjang pengentasan penyakit tersebut," pungkas Ridi.*

Penulis : Benidiktus G Putra



Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini