-->
    |

Ambil Kebijakan Swab Gratis, Dewan Apresiasi Pjs Bupati Sekadau

Teguh Arif Hardianto

SEKADAU (Suara Sekadau) - Anggota DPRD Sekadau Fraksi Nasdem, Teguh Arif Hardianto mengapreasi kinerja penjabat sementara Bupati Sekadau, Sri Jumiadatin yang berani mendobrak kondisi ketidakpastian di masa pandemi covid-19 dengan melakukan swab massal gratis bagi masyarakat Kabupaten Sekadau. 


"Dengan keberanian tersebut tentu akan berdampak kemungkinan akan ditemukannya penderita covid-19. Tapi dengan demikian tentu pemerintah daerah dapat memetakan penanggulangan penyebaran covid-19," kata Teguh, Rabu (7/10).


Namun demikian, ia menyayangkan kebijakan swab gratis secara massal terkesan lambat dilaksanakan. Menurutnya, kebijakan tersebut idealnya sudah dapat dilaksanakan sejak jauh-jauh hari. Apalagi, Gubernur Kalbar sebelumnya juga sudah mendesak pemerintah daerah untuk menggelar swab massal.


"Saya sangat menyesalkan karena ingin mempertahankan kondisi hijau akhirnya Pemda tidak melakukan antipasi penanganan covid-19 dengan melakukan swab massal. Sehingga kita seakan akan menyimpan bom waktu bencana yang setiap saat bisa meledak," ucap Teguh.


Lebih jauh ia mengatakan, Kabupaten Sekadau merupakan salah satu dari tiga daerah yang disanksi oleh Gubernur Kalbar berupa penundaan bagi hasil pajak daerah serta tidak dimasukkan dalam prioritas pembangunan oleh Pemprov Kalbar.


"Pemprov memberikan sanksi sebagai akibat tidak mengirim data sampel swab. Sanksinya Sekadau tidak mendapat bantuan dana untuk pembangunan. Rakyat sekadau yang jadi korban. Sebab, dana pembangunannya berkurang disaat dana dana kita dari pusat juga berkurang," tutur Teguh.


Dengan diberlakukannya kebijakan swab massal gratis oleh Pjs Bupati Sekadau yang dimulai sejak Rabu 7 Oktober 2020.


"Mudah-mudahan jika ada kasus segera terpetakan. Kita berdoa semoga tidak ada kasus covid-19 di Kabupaten Sekadau," pungkasnya.*


Penulis : tim liputan

Editor : Benidiktus G Putra

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini