-->
    |

Gubernur Sanksi Daerah tak Kirim Sampel Swab, Handi ; Ini Pukulan Telak

Wakil ketua DPRD Sekadau, Handi

SEKADAU (Suara Sekadau) - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menyebut daerah-daerah yang tidak mengirimkan sampel swab tidak akan diprioritaskan dalam pembangunan.


Salah satu dari tiga kabupaten di Kalbar yang disebutnya tidak proaktif mengirimkan sampel swab adalah Kabupaten Sekadau.


"Kita akan tunda transfer bagi hasil pajak daerah. Kenapa? Karena pemerintah-pemerintah daerah ini tidak peduli. Coba saja kalau tidak percaya. Saya apa yang saya katakan itu yang saya lakukan," ujar Sutarmidji usai pelantikan PJs Bupati Bengkayang, seperti dilansir Ruai TV, Rabu (30/9) kemarin.


Ketiga daerah tersebut, kata Gubernur, merupakan zona hijau. Namun status tersebut tidak menjamin tidak ada kasus covid-19 di daerah-daerah itu.


"Zona hijau. Tapi bahaya. Saya tahu persis. Karena saya selalu lihat datanya per hari, per jam, dari pak Harisson (Kadinkes Provinsi Kalbar-red)," ungkap Sutarmidji.


Gubernur Kalbar, Sutarmidji saat memberikan keterangan kepada media usai pelantikan pjs Bupati Bengkayang (ist: copyright ruai tv)

Menanggapi pernyataan Gubernur, Wakil Ketua DPRD Sekadau, Handi mengatakan hal tersebut merupakan sebuah pukulan telak bagi Kabupaten Sekadau.


"Ini merupakan sebuah kemunduran. Sebuah raport merah bagi Kabupaten Sekadau," kata Handi, Kamis (1/10).


Ia menilai, sanksi yang diberikan gubernur merupakan konsekuensi atas kebijakan pemerintah daerah yang disebutnya cenderung abai dalam penanganan covid-19.


"Benar sekali apa yang disampaikan pak gubernur. Jika tidak ada swab, bagaimana kita bisa tahu seseorang terpapar atau tidak," tutur Handi.


Namun demikian, ia mengapresiasi penjabat sementara Bupati Sekadau, Sri Jumiadatin yang hanya beberapa hari setelah pelantikan langsung mengambil kebijakan pelayanan uji swab gratis yang mulai diberlakukan di Puskesmas Sekadau Hilir sejak Rabu (30/9) kemarin.


"Kita tidak menyalahkan siapa-siapa. Satgas, khususnya dinas terkait tentu tidak dapat mengambil kebijakan jika tidak ada arahan dari pimpinan. Padahal gubernur sudah mengimbau sejak lama agar daerah melakukan uji swab. Syukurlah ibu Pjs Bupati Sekadau segera mengambil kebijakan tersebut," ucap Handi.


Ia berharap, dengan diberlakukannya uji swab gratis di Kabupaten Sekadau pemetaan covid-19 dapat berjalan dengan baik.


"Mudah-mudahan tidak ada kasus covid-19 di Kabupaten Sekadau," harap dia.*


Penulis : tim liputan

Editor : Benidiktus G Putra


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini