-->
    |

Wacana Program Pembibitan Kelapa Sawit Pemkab Sekadau Dipertanyakan

Yodi Setiawan

SEKADAU (Suara Sekadau) - Ketua Fraksi Gerindra DPRD Sekadau, Yodi Setiawan mempertanyakan wacana Pemerintah Kabupaten Sekadau membangun pembibitan kelapa sawit yang hingga sekarang belum terealisasi.


"Wacana ini sudah ada sejak tahun 2018 lalu. Namun sampai sekarang belum ada realisasinya. Bahkan lokasi untuk pembibitan saja masih hutan," ungkap Yodi, Jumat (13/11).


Menurut Yodi, program tersebut baik untuk membantu memudahkan petani kelapa sawit mandiri memperoleh bibit yang berkualitas serta harga terjangkau. Namun, kata dia, sayang wacana tersebut tinggal cerita.


"Kita tidak tahu apa kendalanya sehingga wacana ini tidak ada kabarnya lagi," tutur Yodi.


Fraksi Gerindra, tambah dia, sangat mendukung wacana tersebut.


"Kita akan jadi fraksi yang terdepan menyetujui penganggaran program tersebut. Namun kalau dari pihak eksekutif saja tidak ada memasukkan program itu dalam APBD, apa yang bisa kita setujui," timpal Yodi.


Lebih jauh ia menambahkan, pemerintah daerah harus jeli melihat kebutuhan masyarakat. Saat ini hingga di masa-masa mendatang, komoditi kelapa sawit diyakini masih akan memiliki daya jual yang bagus. Apalagi, pemerintah pusat tengah menggalakkan teknologi biodiesel yang berbahan baku minyak kelapa sawit.


"Kita sangat kecewa tidak ada tindaklanjut wacana tersebut. Seharusnya program yang berpihak kepada masyarakat seperti ini perlu kita galakkan," pungkasnya.


Terpisah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau, Sandae saat dikonfirmasi enggan berbicara banyak.


"Itu perlu biaya besar," katanya singkat.*


Penulis : tim liputan

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini