-->
    |

Cegah Covid-19, Pemerintah Desa di Sekadau diminta Maksimalkan Peran Posko PPKM Mikro

Kadiskes PP dan KB Sekadau, Henry Alpius

Sekadau
(Suara Sekadau) - Pemerintah Desa di Sekadau diminta menaksimalkan Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Mikro. Posko ini diharapkan menjadi sarana pengendalian pandemi Covid-19 dari tingkat Desa.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Sekadau, Henry Alpius mengatakan Pemerintah Desa selaku penanggungjawab PPKM Mikro agar lebih aktif menjalankan tugasnya.

"Dengan adanya lonjakan kasus kita harapkan peran dan fungsinya dijalankan dengan baik, jangan sampai sudah dibentuk tapi tidak dimaksimalkan," ujarnya, Jumat (23/4/2021).

Secara khusus, Posko penanganan Covid-19 di tingkat Desa memiliki empat aspek yaitu pencegahan, penanganan, pembinaan dan pendukung.

Terutama soal pencegahan, pemerintah desa  diharapkan dapat memfilter kegiatan yang berpotensi mengundang kerumuman masa.

Baru-baru ini terjadi kluster covid-19 akibat kegiatan kemasyarakatan di dua desa sehingga menyebabkan bertambahnya kasus di Sekadau.

"Kepada PPKM Tapang Semadak dan Timpuk kita minta diberlakukan secara khusus," sebutnya.

Maka dengan adanya lonjakan kasus tersebut, PPKM Mikro diminta lebih berperan aktif mengatasi penyebaran covid-19 tingkat desa mengingat posko ini dibentuk dan didanai langsung oleh dana desa.

Diketahui Posko PPKM Mikro dibuat oleh Desa sesuai intruksi Kemendagri dan Surat Keputusan Gubernur Kalbar.

Secara keseluruhan hingga hari ini kasus covid-19 di Sekadau positif 40 orang, menunggu hasil swab 356 orang dan meninggal 11 orang. (Tim)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini