-->
    |

TNI dari Zidam XII/Tpr Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Bansir Laut Pontianak

TNI dari Zidam XII/Tpr saat sosialisasi wawasan kebangsaan 

PONTIANAK
- Pengetahuan Wawasan kebangsaan merupakan pondasi bagi masyarakat untuk tetap mempertahankan wilayah NKRI baik dari pengaruh Internal maupun Eksternal karena hal tersebut merupakan faktor penting bagian dari 4 pilar kebangsaan. 

“Adanya konfilk yang terjadi selama ini akibat adanya wawasan kebangsaan yang kurang sehingga masyarakat mudah terjerumus dalam konfik horisontal maupun vertikal,” ungkap Letnan Kolonel Czi Dwi Yudha Priagung Wakil Kepala Zidam XII/Tanjungpura saat acara sosialisasi wawasan kebangsaan di Bansir Laut Kecamatan Pontianak Tenggara, Rabu (26/5/2021).

Menurutnya,  pada era saat ini pentingnya rasa cinta tanah yang harus ditanamkan kepada generasi milenial berawal dari tingkat keluraga, kelompok kecil sampai dengan kelompok masyarakat luas. 

Berangkat dari hal tersebut anggota Zidam XII/Tanjungpura melaksanakan sosialisasi wawasan kebangsaan di sela penyuluhan oleh dinas kesehatan kota Pontianak di kelurahan Bansir Laut Kecamatan Pontianak yang merupakan wilayah binaan Zidam XII/Tanjungpura.

“Agar masyarakat turut andil dalam pembangunan ekonomi bangsa dengan menciptakan kegiatan yang dapat mendorong kemajuan ekonomi bangsa salah satunya dengan membiasakan menggunakan produk dalam negeri sehingga konsumsi maupun produksi produk dalam negeri dapat meningkat,” urainya.

Lebih lanjut diuraikannya, bahwa bangsa Indonesia memiliki tantangan dan hambatan yang harus diwaspadai oleh seluruh masyarakat. Ancaman yang ada diantaranya karena letak strategis bangsa Indonesia menjadi jalur perlintasan pusat perdagangan dunia.

“Tentunya hal ini dapat menjadikan bangsa lain tertarik untuk merebut wilayah NKRI,  hal tersebut dapat dicegah apabila masyarakat dapat bersatu dan memiliki tolerasi yang tinggi dalam bermasyarakat sehingga bangsa lain tidak dapat memanfaatkan konfilk internal dalam bangsa Indonesia,” paparnya.

Letda Czi Aji Dwi S pada kesempatan pertemuan masyarakat di Bansir Laut Kecamatan Pontianak Tenggara juga mengharapkan masyarakat memiliki semangat persatuan dan kesatuan serta keyakinan untuk membangun bangsa ini. [rls]








Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini