-->
    |

Kelompok Tani Makmur Desa Sungai Ringin Panen Semangka

Kelompok Tani Makmur di Desa Sungai Ringin Panen Semangka

Sekadau
(Suara Sekadau) - Kelompok Tani Makmur, yang beralamat di gang Pancawarna, Jalan Merdeka Barat Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau melaksanakan panen raya Semangka, Selasa (8/6/2021).

Panen raya semangka tersebut dihadiri oleh kepala dinas pertanian, perikanan dan perkebunan, Sandae, didampingi oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa  Desa Sungai Ringin, beserta anggota kelompok tani makmur.

Ketua kelompok tani makmur Hermanto mengatakan panen semangka tersebut merupakan panen yang keempat. Dan kelompok tani makmur sudah berjalan selama 2 tahun.

"Ini merupakan panen yang keempat, dan kelompok tani makmur ini sudah berjalan selama 2 tahun," ujarnya.

Lebih lanjut ia juga mengatakan bahwa dalam hal panen tersebut tidak terlepas dari bimbingan dari tenaga PPL dinas pertanian.

"Ini tidak bisa terlepas dari dukungan dan bimbingan dari tenaga PPL dan memberikan semangat dan wawasan ilmu pengetahuan tentang pertanian," katanya.

Tak lupa ia mengucapkan terimakasih kepada kepala dinas pertanian yang telah menyempatkan diri untuk hadir dalam kegiatan panen raya semangka tersebut.

"Terimakasih banyak atas kehadiran bapak kepala dinas pertanian yang telah menyempatkan diri untuk hadir dalam kegiatan panen raya semangka ini," ucapnya.

Lebih lanjut, Hermanto juga mengatakan bahwa sekali panen bisa mencapai 12 sampai 13 ton dengan luas lahan kurang lebih 2 hektar. Selain menanam semangka, kelompok tani makmur juga menanam sawi kampung dan cabai.

"Kalau luasnya 2 hektar segini bisa mencapai 15 ton sekali panen. Tapi target iami sekarang 12-13 ton. Selain semangka, kami juga menanam sawi kampung dan cabai," paparnya.

Hermanto berharap agar pemerintah kedepannya bisa semakin memperhatikan para petani terutama dalam hal bimbingan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara bertani yang baik.

"Kami sebagai petani berharap agar pemerintah kedepannya bisa semakin memberikan dukungan yang penuh kepada petani dalam hal bantuan untuk menunjang kegiatan pertanian dan memberikan ilmu contohnya seperti bimtek," harapnya.

Sementara itu, Kepala dinas Pertanian Perkebunan dan perikanan kabupaten Sekadau, Sandae pihaknya terus memberikan dukungan melalui pendampingan PPL dan memberikan dukungan kepada petani dalam hal pengelolaan lahan.

"Karena semangka merupakan sektor pertanian yang cukup cepat. Karena 2 bulan sudah mulai panen," katanya.

Lebih lanjut Sandae juga memaparkan beberapa langkah dukungan dalam hal pengelolaan lahan.

"Mudah-mudahan kedepannya kita bisa memberikan bantuan yang lebih baik kedepannya demi mendukung petani agar semakin sejahtera sebab kita memberikan bantuan ini secara bertahap," tandasnya. (Tim)

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini