-->
    |

Pengunjung di Perpusda Sekadau Sepi

Pengunjung Perpustakaan Daerah Sekadau Sepi

Sekadau
(Suara Sekadau) - Kepala Bidang Perpustakaan Daerah Sekadau, Nypa mengaku selama masa pandemi Covid-19 minat baca masyarakat Sekadau semakin berkurang. Hal ini dibuktikan dengan sepinya pengunjung yang datang ke perpustakaan daerah untuk membaca,meminjam buku maupun hanya sekedar datang.

"Kalau masa pandemi sekarang pengunjung itu palingan sehari dua orang atau kadang tidak ada sama sekali. Jadi pengunjung per bulannya itu kisaran belasan orang saja, kalau sebelum pandemi itu lumayan ramai yang datang," ungkap Nypa pada Kamis (7/10/2021) siang. 

Buku-buku yang disediakan oleh perpustakaan daerah Sekadau sangat beragam,mulai dari buku cerita anak,buku ensiklopedia,sejarah,teknologi dan jenis buku lainnya. Selain itu pengunjung yang datang biasanya terdiri dari mahasiswa,anak-anak sekolah bahkan masyarakat umum. 

Nypa mengatakan selain minat baca masyarakat yang kurang,tempat perpustakaan saat ini menjadi penyebab sepinya pengunjung yang datang.

"Kalau dulu kan di Pasar Baru banyak anak sekolah yang baru pulang sering mampir untuk baca ke perpustakaan," tutur  pria 57 tahun tersebut. 

Nypa berharap agar kedepannya minat membaca masyarakat bisa terus meningkat,serta fasilitas penunjang yang tersedia bisa lebih baik dan bertambah misalnya dengan adanya jaringan Wi-Fi untuk mempermudah pegawai dalam mendata pengunjung yang datang baik untuk meminjam buku,mengembalikan buku ataupun hanya sekedar berkunjung.

"Sekarang untuk mendata pengunjung itu masih manual,jadi kedepannya kalau bisa beralih pakai teknologi," pungkasnya [tim]


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini