-->
    |

Tips Irit Ala Anak Kos yang Anti Krisis Akhir Bulan

https://www.pexels.com/id-id/pencarian/rupiah/

Suara Sekadau - Apakah Anda seringkali mengalami krisis keuangan padahal gaji cukup bahkan lebih besar dibandingkan teman-teman Anda? Untuk menghemat keuangan, tak ada salahnya Anda mencoba tips irit anak kos. Karena seperti yang diketahui bahwa anak kos dikenal sangat hemat dan dapat mengatur keuangan dengan baik, bahkan beberapa dari mereka mampu membayar seluruh kehidupannya sendiri tanpa meminjam uang orang lain.

Banyak orang yang salut pada anak kos karena bisa membayar kebutuhannya, mulai dari kebutuhan listrik, bayar sewa rumah, makanan sehari-hari hingga bayar uang kuliah. Meski begitu tentu saja ada beberapa hal menyedihkan yang dirasakan anak kos, yang paling sering dengan issue bahwa anak kos terkenal makan mie instan ketika tak punya uang.

Inilah Tips Hemat Ala Anak Kos

Mengatur keuangan merupakan salah satu skill yang harus dimiliki oleh setiap orang, agar Anda bisa mengatur kebutuhan karena menabung dan memiliki dana darurat untuk masa depan. Tak sedikit orang yang merasa tidak bisa mengatur keuangan sehingga tidak tahu kemana perginya uang yang ia miliki. Namun, anak kos kerap kali pintar dalam mengatur keuangan, mungkin saja ini menjadi tuntutan keadaan. Tak ada salahnya Anda mengikuti tips hemat keuangan ala anak kos seperti berikut ini:

1. Daftar Anggaran Pengeluaran

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengikuti tips irit anak kos yaitu dengan membuat daftar anggaran pengeluaran setiap bulan. Pastikan anggaran pengeluaran tersebut tidak melebihi pendapatan yang Anda miliki setiap bulan, agar kondisi finansial tetap aman. Dengan membiasakan hal ini maka kemampuan Anda dalam mencatat perencanaan finansial masa depan akan terlatih.

Agar teratur, Anda bisa membuat daftar anggaran pengeluaran khusus di buku catatan keuangan atau mencatatnya di aplikasi pencatatan keuangan. Adapun daftar anggaran wajib yang bisa Anda tulis mulai dari biaya makan, biaya listrik, cicilan hutang, ongkos kerja atau kuliah, biaya kuliah (jika kuliah) atau biaya kebutuhan keluarga jika Anda sudah berkeluarga. Dengan memiliki anggaran pengeluaran Anda sudah tahu ke mana uang tersebut terpakai. 

2. Batasi Uang Harian

Meskipun sudah membuat daftar anggaran pengeluaran, seringkali ada beberapa pengeluaran tak terduga setiap harinya seperti keinginan jajan diluar, patungan teman untuk yang sakit atau acara pernikahan dan lainnya. Untuk mengatasi hal ini maka Anda dapat batasi pengeluaran harian. 

Misalnya dalam sehari Anda memberi jatah pada diri sendiri sebesar Rp. 50.000 untuk uang bensin atau jajan. Usahakan pengeluarannya tidak lebih dari Rp. 50.000, kalau perlu uang itu hanyalah pegangan untuk saat-saat mendesak saja. 

3. Kerja Sampingan

Jika Anda perhatikan, anak-anak kos pasti terlihat sangat sibuk, bahkan mungkin mereka tidak memiliki waktu banyak untuk dirinya sendiri. Hal tersebut dikarenakan anak kos memiliki kegiatan yang sangat banyak mulai dari kuliah, berorganisasi, bekerja, dan kerja sampingan di hari libur.

Tak ada salahnya Anda mengikuti etos kerja anak kos. Jangan mengandalkan pada satu pendapatan setiap bulan, jika Anda kreatif, Anda bisa kerja sampingan atau membuka usaha. Hal ini baik untuk menambah pendapatan Anda agar bisa ditabung. Kerja sampingan yang bisa Anda lakukan seperti jual pulsa, membuka jasa joki tugas, jual makanan ringan atau menjadi freelance.

Pasalnya di dunia digital ini semakin besar peluang Anda untuk tetap berkreativitas dan mengubahnya menjadi hal yang bernilai. Yang terpenting Anda memiliki skill dan niat yang kuat.

4. Masak Sendiri

Anak kos tentu juga membutuh refreshing untuk kembali menyegarkan pikiran dan melepaskan penat dari segala aktivitas. Biasanya refreshing mereka sangat sederhana, seperti nongkrong bersama teman-teman, pergi ke cafe, ngopi-ngopi dan lainnya. Jika sesekali itu boleh saja dilakukan, namun tidak untuk setiap hari karena cukup menguras kantong, apalagi jika Anda ikut nongkrong di cafe atau restoran yang makanannya lumayan mahal. 

Untuk tetap menghemat kebutuhan, anak kos menyiasatinya dengan memasak sendiri atau membuat makanan sendiri dirumah. Pasalnya memasak sendiri dirumah membuat pengeluaran jadi lebih terjangkau dibandingkan harus membeli makanan diluar setiap hari. Karena dengan memasak sendiri, Anda bisa membuat menu yang diinginkan, membuat makanan dalam porsi yang lebih besar sehingga cukup untuk beberapa kali makan, dan bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Memasak juga bukanlah sesuatu yang sulit, apalagi dalam memasak nasi, Anda hanya perlu mencuci beras, merendamnya dengan air lalu memasak di magic com. Peralatan memasak juga tidak sulit didapatkan, yang terpenting Anda memiliki panci, spatula, Magic Com dan tentu saja kompor.

Magic com merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga yang harus dipenuhi, bukan hanya untuk memasak nasi, tetapi juga bisa memasarkan lainnya seperti merebus telur, membuat mie instan dan lainnya. Anda bisa membeli magic com dengan mudah di toko online terbaik dan terpercaya seperti Blibli.

Blibli merupakan salah satu marketplace online buatan Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2011. Ada berbagai produk yang bisa Anda temukan di Blibli untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mulai dari peralatan fashion untuk pria dan wanita, peralatan elektronik hingga peralatan rumah tangga lainnya.

Dengan membeli barang secara online, maka Anda dapat menghemat waktu, tenaga dan biaya dibandingkan jika Anda harus pergi ke pasar. Tak perlu khawatir berbelanja di Blibli, karena Blibli memberikan pelayanan terbaik dan memuaskan, barang atau produk original dan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. 

Itulah beberapa hal mengenai tips irit anak kos yang bisa Anda ikuti. Semoga bermanfaat!

[tim]



Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini